Sediakan 40 Ribu Buku Lebih, Perpustakaan Daerah Bone Termegah di Sulsel

Kamis, 23 September 2021 14:21

Perpustakaan Daerah Bone

FAJAR.CO.ID, BONE — Pembangunan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bone telah rampung. Ada lebih 40 ribu buku yang disediakan didalamnya.

Gedung perpustakaan ini berlokasi di kawasan Watampone Green Epicentrum (WAGE) yang terletak di Jln. Jend. Sudirman Watampone. Lokasinya di Bola Subbie bekas istana Ratu Bone ke-30 We Fatimah Banri dan Raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri.

Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengatakan, kehadiran Perpustakaan ini sebagai upaya peningkatan minat baca anak-anak. Apalagi anak-anak masa kini, yang biasa disebut dengan generasi milenial, memiliki pola pikir yang jauh berbeda bila dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya.

“Oleh karenanya, dibutuhkan pendekatan-pendekatan dan pemanfaatan teknologi informasi untuk menjangkau mereka. Sebab, sekarang ini memang sudah seharusnya terobosan-terobosan digital diperkenalkan,” katanya Kamis (23/9/2021).

Kata dia, Bone merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki gedung perpustakaan megah di Sulawesi Selatan. Dan tentunya akan terbuka untuk umum.

“Saya berharap agar terus dilakukan inovasi-inovasi terkini yang sesuai dengan perkembangan zaman untuk semakin meningkatkan pelayanan literasi kepada masyarakat, khususnya terhadap generasi muda,” jelas bupati dua periode itu.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Bone Andi Mappangara menuturkan, untuk sementara di perpustakaan ini sudah ada sekitar 20 ribu lebih examplare buku. “Kami punya buku dikisaran 40 ribu. Sisanya sementara masih di proses,” ucapnya.

Mappangara mengungkapkan, layanan yang ada di sini yakni layanan umum, untuk anak, disabilitas, dan layanan internet gratis. Tentunya ini perpustakaan akan terus berkembang, dan menumbuhkan kesadaran literasi.

“Pegiat literasi kedepannya akan semua dirangkul, dan disiapkan ruangan untuk berkegiatan dan terbuka bagi teman-teman pegiat literasi,” sebutnya.

Komentar

VIDEO TERKINI