Jumat Berkah : Manfaat Bersedekah di Masa Pandemi

Jumat, 24 September 2021 14:37

Jumat Berkah : Berbagi Makanan di Hari Jumat Bersama Yayasan Amal Kebangsaan Indonesia (YAKIN)

MAKASSAR – Aksi berbagi kepada warga yang membutuhkan dan terdampak pandemi Covid-19 terus digulirkan, sebagai wujud kepedulian terhadap sesama di masa pandemi Covid-19 ini.

Sedekah merupakan salah satu amalan seorang muslim yang dilakukan dengan cara mengeluarkan apa yang dia miliki. Sedekah dilakukan dengan sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Di masa Pandemi COVID-19 hingga saat ini masih tetap perlu di waspadai, sebab belum ada tanda-tanda yang menunjukkan akan berakhirnya virus covid-19 ini, baik pada skala global maupun di Indonesia.

Seiring dengan itu, selain faktor kesehatan, dampak sosial-ekonomi di dalamnya juga tak terelakkan. Dampak terpuruknya ekonomi sudah bukan menjadi rahasia, bahwa angka orang yang kehilangan pekerjaan pun bertambah.

Namun dengan hal tersebut, kita sebagai umat manusia tetap wajib bermunajat kepada Tuhan agar pandemi ini cepat berakhir. Selain itu kita wajib mematuhi protokol kesehatan serta memperbanyak saling membantu, antara lainnya dengan cara bersedekah sekaligus menjaga dan memelihara esensi ajaran agama yang hakikatnya peduli sesama.

Karena itu, di masa pandemi COVID-19, semangat untuk menebarkan gerakan bersedekah, meski di lingkup kecil perlu terus digaungkan. Selain bernilai ukhrawi (keakhiratan), di dalam sedekah juga terkandung nilai-nilai sosial karena akan tumbuh saling peduli, bekerja sama atau saling tolong menolong.

Banyak cara untuk melakukan sedekah dan berbagi terhadap sesama dimasa pandemi Covid-19 saat ini. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara apapun, di mana pun, kapan pun dan kepada siapapun.

Mulai dari berbagai benda, donasi uang tunai hingga berbagi makananan. Memberikan makanan kepada yang membutuhkan saja sudah membuat mereka bahagia dan mendatangkan banyak pahala.

Komentar

VIDEO TERKINI