Jumat Berkah : Manfaat Bersedekah di Masa Pandemi

  • Bagikan
Jumat Berkah : Berbagi Makanan di Hari Jumat Bersama Yayasan Amal Kebangsaan Indonesia (YAKIN)

Mulai dari berbagai benda, donasi uang tunai hingga berbagi makananan. Memberikan makanan kepada yang membutuhkan saja sudah membuat mereka bahagia dan mendatangkan banyak pahala.

Jangankan untuk makan tiga kali sehari, banyak orang-orang yang bahkan untuk makan sekali dalam sehari harus bekerja dari pagi hingga malam hari terlebih dahulu.

Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”.

Pada masa pandemi seperti ini, semua kalangan masyarakat terkena dampaknya. Yang terkena dampak paling parah adalah masyarakat kalangan menengah ke bawah. Banyak dari mereka yang berprofesi sebagai pedagang dan karyawan pabrik yang harus berhenti bekerja karena masa pandemi.

Banyak dari mereka yang merasa sangat terbebani secara ekonomi dan psikologis pada masa pandemi seperti ini. Dikarenakan penghasilan mereka yang berkurang atau bahkan ada yang harus berhenti dari pekerjaan itu. Ditambah lagi bantuan sosial dari pemerintah yang tidak merata membuat keadaan memburuk.

Keterbatasan penghasilan menjadi pembatas mereka untuk bisa merasa kenyang. Namun masih banyak orang baik yang masih peduli, salah satunya dengan cara menyediakan makanan gratis dengan tujuan agar bisa dinikmati oleh orang-orang yang membutuhkan.

Seperti yang dilakukan oleh Yayasan Amal Kebangsaan Indonesia (YAKIN) ini, misalnya, berbagi makanan bubur ayam gratis yang dilakukan setiap hari Jumat, mulai pukul 07.00 hingga  09.00 WITA. Tepatnya di jalan Boulevard, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar (samping Hotel Denpasar).

  • Bagikan