Masuk Tanpa Dokumen Lengkap, BBKP Makassar Musnahkan Benih Tanaman Impor

Jumat, 24 September 2021 11:36

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Makassar, Lutfie Natsir SH MH, memimpin pemusnahan media pembawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK), di Kantor BBKP Makassar, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat, 24 September 2021.

Media pembawa yang dimusnahkan kebanyakan adalah benih tanaman, bunga dan buah-buahan, yang dipesan pribadi via online pada periode Februari hingga September 2021.

Lutfie mengatakan, perlakuan tindakan pemusnahan sesuai amanat Undang-undang No 21 Tahun 2019. Media pembawa yang dimusnahkan tidak dilengkapi dokumen Phitosanitary Certifikat (PC) dari negara asal. Antara lain dari Finlandia, Australia, Hongkong, dan Jerman.

“Volumenya kecil-kecil atau sedikit karena yang pesan ini adalah pribadi, bukan perusahaan. Mereka beli lewat online. Kebanyakan benih tanaman, bunga dan buah-buahan,” ungkapnya.

Menurut Lutfie, masyarakat masih banyak yang belum mengetahui bahwa komoditas yang masuk dari negara lain ke Indonesia, harus dilengkapi dokumen PC dan HC, sebagai syarat utama.

Karena itu, ke depannya bersama Bea Cukai dan pihak terkait lainnya, akan melakukan edukasi kepada pelaku-pelaku usaha maupun pribadi, mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi terhadap komoditas atau media pembawa yang akan masuk dalam wilayah Indonesia, khususnya di Sulsel.

“Semoga setelah dilakukan edukasi, tindakan pemusnahan terhadap komoditas atau media pembawa semakin berkurang,” harapnya. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI