Pengungsi Afghanistan Berulah, Bikin Onar hingga Diamuk Massa

Senin, 27 September 2021 12:01

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Entah apa yang ada di pikiran dua warga asal Afghanistan ini yang berinisial AE (48) dan AMI (39). Keduanya berbuat onar di Makassar.

Perbuatan mereka membuat warga sekitar geram. Terutama di Jalan Muhajirin, Kecamatan Tamalate, Makassar.

Kepala Rudenim Makassar, Alimuddin, mengatakan, lelaki AE telah menganiaya pengelola penampungan pengungsi.

Tak lama, perbuatan AE pun dibalas oleh orang yang tak dikenal hingga kericuhan pun terjadi.

“Kami amankan AE setelah dipukul oleh beberapa orang tidak dikenal. penyebabnya dia terlebih dahulu memukul pengelola penampungan,” kata Alimuddin, Senin (27/9/2021).

Tidak hanya AE. Pihak Rudemim juga mengamankan pengungsi asing berinisial AMI usai berkata kasar tokoh masyarakat setempat.

“Mereka para pengungsi yang bermukim di Indonesia, sudah seharusnya menghargai adat istiadat serta hukum yang berlaku di Indonesia,” jelas Alimuddin.

Kedua orang tersebut dibawa ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan kesehatan usai dianiaya oleh orang tak dikenal. Terutama bagi AE.

Selepas itu, kedua orang pengungsi tersebut dibawa ke kantor Rudenim untuk interogasi dan menghindari amukan susulan dari warga sekitar.

“Kerjasama antar pemangku kepentingan diharapkan dapat menangani berbagai persoalan pengungsi. Salah satunya permasalahan singgungan antara para pengungsi dengan penduduk setempat,” kata Kadiv Keimigrasian, Dodi Karnida. (Ishak/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI