Kemenhub Luluskan 3.190 Perwira Transportasi Tahun Ini

Rabu, 29 September 2021 18:30

FAJAR.CO.ID, CURUG— Kementerian Perhubungan pada tahun 2021 meluluskan sebanyak 3.190 Perwira Transportasi yang merupakan lulusan dari sejumlah Politeknik dan Sekolah Tinggi di bawah pengelolaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Rabu (29/9), hadir langsung melantik 3.190 Perwira Transportasi yang telah mengikuti berbagai Program Studi, yaitu Diploma Pola Pembibitan dan Program Studi Diploma Non Pola Pembibitan, baik itu untuk matra darat, laut, udara dan perkeretaapian. Pelantikan berlangsung secara daring dan luring di Politeknik Penerbangan Indonesia di Curug, Tangerang.

“Kami berharap agar seluruh perwira transportasi yang dilantik dapat menjadi agen perubahan transportasi yang mampu memajukan transportasi dan menyatukan Indonesia,” kata Menhub.

Menhub mengatakan, sejalan dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk membangun kualitas SDM di Indonesia untuk mewujudkan visi Indonesia Emas di 2045, Kemenhub secara konsisten melaksanakan pembangunan SDM Transportasi melalui 27 Lembaga Pendidikan dan pelatihan transportasi Darat, Laut dan Udara serta Kereta Api yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan transportasi bertujuan untuk mencetak insan transportasi yang unggul, inovatif dan berdaya saing. Memiliki pengetahuan, kemampuan, dan sikap yang berorientasi pada pelayanan transportasi berkeselamatan dan berkeamanan serta berpedoman kepada peraturan nasional maupun internasional sektor transportasi,” ujar Menhub.

Melalui program pendidikan di sektor transportasi ini, Kemenhub mengupayakan terwujudnya keterhubungan dan kesesuaian (link and match) antara program diklat yang dilaksanakan, dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh regulator, dunia usaha maupun pemangku kepentingan lainnya di sektor transportasi.

Kemenhub melalui BPSDMP juga terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan, meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan.

Komentar

VIDEO TERKINI