PKK Launching Kebut Vaksinasi di 24 Kabupaten Kota, Target Sumbang 50 Persen

Rabu, 29 September 2021 15:25

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tim Penggerak PKK Sulsel resmi melaunching kegiatan kebut vaksinasi Covid 19 untuk 24 Kabupaten Kota, di Balai Kartini, Rabu (29/9/2021)

vaksinasi ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Pelaksana Tugas Ketua TP PKK Sulsel, Naoemi Octarina, mengatakan, kaum perempuan khususnya ibu-ibu memiliki peran besar dalam masyarakat. Karena itu, mereka harus dilibatkan untuk meyakinkan orang-orang di sekitarnya agar mau divaksinasi.

“Kondisi saat ini, tidak semua orang tua mengizinkan anak-anak mereka untuk divaksin, sehingga perlu dilakukan edukasi bahwa vaksin penting untuk membentuk herd immunity,” kata Naoemi.

Ia mengungkapkan, PKK sebagai sebuah gerakan yang memiliki kader hingga ke tingkat desa, sudah seharusnya mengambil peran membantu pemerintah mempercepat terbentuknya herd immunity melalui vaksinasi. Sebelumnya, PKK sudah melaksanakan vaksinasi untuk ibu hamil dan vaksinasi khusus perempuan.

“Kita harus punya tanggung jawab dan komitmen untuk meningkatkan herd immunity, salah satunya tidak menyebarkan berita hoax. Kita bersama-sama menyusun strategi pelaksanaan vaksinasi serentak hingga ke tingkat desa dan kelurahan,” tuturnya.

Ketua Panitia Launching Kebut Vaksinasi, dr Siti Haeriah Buhari mengatakan, sasaran vaksin ini adalah 100 orang per kelurahan atau desa dalam sekali pelaksanaan.

“Jadi 100 sasaran per desa dikali 3000 desa lebih itu sekitar 300 ribu lebih nanti yang akan divaksin,”kata Dirut RS Sayang Rakyat itu.

Dia berharap, program yang diinisiasi oleh PKK Sulsel ini bisa menyumbang percepatan capaian vaksinasi Sulsel sekitar 7 juta jiwa. Setidaknya setengah dari target tersebut.

“PKK diharapkan mampu menyumbang 50 persen. Karena kita tahu itu ibu ibu kalau bicara sama bapak bapak untuk menggenjot ini program, tentu lebih bagus,”pungkasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI