Dinas Sosial Makassar Janji Bakal Kembalikan Anggaran Bansos yang Batal Disalurkan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Sosial Kota Makassar bakal mengembalikan anggaran bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak PPKM level 4.

Sekretaris Dinas Sosial Muhyiddin menyebut kurang lebih Rp15 miliar anggaran bansos, dimana setiap paketnya bernilai Rp200 ribu untuk 100 ribu orang.

Sementara bansos yang sudah terbagi ditahap pertama itu sudah mencapai 70.488 paket, sehingga sisa anggaran paket sebanyak kurang lebih 29.512 paket bernilai Rp5.843.000.000

"Jadi nilainya itu akan kita kembalikan ke kas daerah, kalau kita mau gunakan atau ada darurat kita bisa bermohon lagi untu pakai sisa anggaran itu," katanya, Rabu, (6/10/2021).

Muhyiddin menjelaskan bahwa bansos untuk warga terdampak bukanlah sebuah pembatalan namun karena kondisi Kota Makassar yang sudah masuk PPKM level 2 tahap bukan kedaruratan.

Sehingga, jika anggaran tersebut tetap dipakai dimasa pelonggaran yang tidak dalam pembatasan aktivitas warga akan terjadi ketimpangan dari aturan

"Kita kan sudah koordinasi dengan beberapa pihak dan mengacu ke Permendagri bagi wilayah level 2 penyebaran Covid-19 kan terjadi pelonggaran jadi tidak sesuai lagi dengan kondisi kedaruratan atau pembatasan," ungkapnya

Sementara, Plt Kepala Dinas Sosial Rusmayani Madjid mengatakan saat ini pihaknya masih dalam proses perampungan perhitungan anggaran terpakai dan yang belum.

"Yang pastinya setelah kita selesaikan semuanya kita akan kembalikan ke Kasda, tetapi total keseluruhan belum saya tau," ucap Maya, sapaannya.

Selain jenis paket Bansos, anggaran BTT tersebut juga digunakan untuk biaya transportasi angkutan, dan biaya biaya lainnya yang masih dalam proses perhitungan

  • Bagikan