Refresh Otak Siswa Selama Pandemi, Wali Kota Makassar Tekankan Belajar Outing Class

  • Bagikan
Danny Pomanto saat memberikan materi terhadap SMP 6 Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Wali kota Makassar Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto menekankan pembelajaran outing class (luar kelas).

Hal ini kata dia untuk merefresh kembali otak siswa yang telah lama terbelenggu di rumah selama pandemi Covid-19.

Sehingga menurutnya perlu kembali melatih setiap indera siswa utamanya yang secara kontekstual di lapangan.

Outing class ini diawali oleh SMPN 6 Makassar sebagai percontohan. Mereka belajar di kawasan ekowisata Mangrove Lantebung, Sabtu (9/10/2021).

Orang nomor satu Makassar ini pun memberikan materi lingkungan hidup dalam simulasi konsep belajar outing class kepada siswa siswi SMPN 6 Makassar.

Danny mengatakan outing class merupakan konsep belajar mengajar untuk mengintegrasikan materi yang diperoleh di bangku sekolah dengan melihat langsung situasi kondisi lingkungan sekitar.

"Jadi kegiatan ini adalah salah satu implementasi dari konsep outing class untuk mengintegrasikan kepada anak-anak didik kita, dengan memberikan pengalaman langsung dengan belajar di lapangan," kata Danny.

Menurut Danny, proses pembelajaran outing class seperti ini diharapkan anak didik dapat mengenal lebih jauh pelajaran biologi, lingkungan hidup, dan sosial.

"Semua pelajaran itu ada disini, sehingga mereka bisa mengasah seluruh inderanya secara langsung, dan sekaligus unsur turistiknya, serta mereka dapat lebih mengenal kotanya," tuturnya.

Wali kota yang berlatar belakang dosen arsitektur ini menambahkan bahwa semua kelas tingkat SMP yang sudah sekolah, wajib belajar outing class di ekowisata mangrove Lantebung ini.

  • Bagikan