Gagasan Fasilitas Isolasi Terintegrasi Diklaim Efektif Atasi Pandemi di Sulsel

Minggu, 10 Oktober 2021 11:16

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman Launching Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) Sulsel

MAKASSAR — Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) yang digagas Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) cukup efektif mengatasi pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). Termasuk dukungan tambahan layanan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat mengatakan, program FIT Sulsel yang lahir dari ide Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman cukup positif.

Selain FIT, juga ada layanan Telemedicine Hallo Dokter, layanan isolasi terintegrasi, hingga kebut vaksinasi dengan melibatkan PKK.

“Saat ini kami fokus maintenance layanan yang sudah ada. Karena respons masyarakat sangat tinggi,” katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu, 10 Oktober.

Layanan Telemedicine Hallo Dokter, kata dia, sejak awal diluncurkan akhir Juli lalu hingga Agustus, masyarakat yang menggunakan layanan ini cukup banyak. Rerata 150 orang per hari.

Selain banyak digunakan masyarakat di Kota Makassar, juga ada yang berasal dari wilayah lainnya seperti Palopo, Parepare, Bone, Pangkep, hingga Selayar.

“Sebagian besar wilayah di Sulsel sudah pernah. Walau memang saat ini relatif turun karena kasus juga turun. Akan tetapi semua pelayanan tetap disiagakan,” jelasnya.

Layanan lainnya yakni fasilitas isolasi terintegrasi juga terus turun pasiennya. Di Asrama Haji kini tersisa dua pasien saja. Sedangkan di kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) nihil pasien.

Sementara program kebut vaksinasi juga memperlihatkan peningkatan capaian yang signifikan. Kini capaian vaksinasi di Sulsel mencapai 2,48 juta orang.

Naik drastis jika dibandingkan sebelum program ini diluncurkan Juli lalu. Masyarakat Sulsel yang tervaksin saat itu baru menyentuh angka 1,4 juta orang.

Alhasil hadirnya program ini mencatatkan peningkatan hingga satu juta orang dalam kurung waktu sekitar tiga bulan saja. “Fokus saat ini adalah terus mempercepat vaksinasi. Dengan melibatkan PKK, diharapkan cakupan vaksinasi lebih luas, yakni hingga ke desa,” paparnya.

Komentar

VIDEO TERKINI