Monev Keterbukaan Informasi Publik, Kadis Kominfo Ingin PPID Maju, Mandiri, dan Harmonis

  • Bagikan

Dikatakannya, kinerja Dinas Kominfo tak hanya terletak pada PPID Kominfo saja, tapi juga ada pada seluruh PPID di masing-masing PD, termasuk kecamatan, desa/kelurahan. “Satu saja PPID tidak bekerja, maka target IKU tidak akan bisa tercapai,” imbuh dia, sembari menyebutkan ada 4 IKU Dinas Kominfo, yaitu Indeks Keterbukaan Informasi Publik, Indeks SPBE, Indeks Keamanan Informasi dan Indeks Statistik Sektoral. “Empat IKU ini tidak akan bisa terwujud kalau tidak didukung oleh semua PPID,” tandasnya.

Apa yang disampaikan Kadis Kominfo SP ini rupanya ditanggapi sangat baik oleh tujuh penguji, 5 dari KI Sulsel dan 2 dari penguji eksternal. Pahir Halim misalnya. Ketua KI Sulsel ini mengaku sangat mengapresiasi sinergi dan kolaborasi yang terus dibangun antara PPID Kominfo, PPID Pembantu, PPID Kecamatan, sampai PPID desa/kelurahan. “Jarang ada daerah yang mengolaborasi PPID-nya sampai di tingkat desa/kelurahan,” ungkap Pahir.

Lain lagi harapan dari Komisioner KI, Andi Tadampali. Dia menginginkan agar PPID Luwu Utara lebih banyak membantu pemda dan masyarakat dalam kegiatan mitigasi bencana, seperti mengakses informasi cuaca BMKG secara masif ke masyarakat. “Harus ada antisipasi dari teman-teman PPID. Sebelum terjadi, mereka sudah harus tahu. Peranan PPID dalam mitigasi bencana juga menjadi sangat penting,” kata dia.

Sementara itu, penguji eksternal, Mardiana Yunus, memuji capaian Pemda Luwu Utara dalam hal keterbukaan informasi publik. Di mana Luwu Utara selalu menjadi yang terdepan penyebaran informasi, termasuk di website resmi Pemda Luwu Utara. “Kami berharap Luwu Utara secepatnya membuat Komisi Informasi (KI) Kabupaten karena Luwu Utara dinilai tercepat dalam penyebaran informasi,” kata Mardiana.

  • Bagikan