Resmi Dibuka, ICC Volume 2 Libatkan 120 Siswa SMA Terpilih se-Indonesia

Rabu, 13 Oktober 2021 12:51

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Indonesia Student and Youth Forum (ISYF), sebuah organisasi kepemudaan bersama Kemendikbud Ristek menyelenggarakan ISYF Coaching Class (ICC) Volume 2 dengan tema Achieve Well-being in The Digital Age.

ICC Volume 2 diikuti oleh 793 pendaftar dari 534 sekolah SMA di 32 provinsi. Dari 793 pendaftar, dua kelas pelatihan yang paling diminati siswa SMA adalah Content Writing sebanyak 241 pendaftar dan Brand Design 233 pendaftar. Kemudian diikuti oleh kelas Creative Video sebanyak 179 pendaftar dan Product Photography 140 pendaftar.

Pendaftar selanjutnya diseleksi dengan mengkurasi karya peserta hingga terpilih 120 siswa SMA  dari 112 sekolah dan 22 provinsi di Indonesia. ICC Volume 2 berlangsung dari 10 Oktober hingga 10 November 2021, kegiatan ini memberikan pelatihan hardskill pelajar secara daring dengan mekanisme pemberian reward apresiasi bagi peserta yang kompeten.

Direktur Eksekutif ISYF, Alghi Mustika mengatakan melalui rangkaian kegiatan ICC Volume 2 ini, diharapkan dapat menstimulasi pelajar untuk berkarya dan menyebarkan konten positif di kalangan mereka serta menyuarakan produktivitas dan kreativitas selama masa pandemi.

“ICC Volume 2 ditargetkan dapat memvalidasi karya para peserta melalui portofolio dan sertifikasi. Membantu mereka memperbesar peluang untuk terjun menjadi profesional di bidangnya sedini mungkin, agar menjadi pelajar yang mandiri dan berdikari,” ungkapnya, Rabu (13/10/2021).

Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembelajaran SMA Kemendikbud Ristek, Dr. Juandanilsyah, SE., MA menuturkan penyelenggaraan acara ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendukung penggunaan kanal digital guna menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

“Dalam banyak riset, Indonesia selalu menempati satu hingga lima teratas sebagai negara dengan pengguna media sosial terbanyak di dunia, dari data ini menunjukan bahwa kecakapan atau keterampilan digital sangat diperlukan dalam menghadapi era saat ini yang serba digital,” tukasnya.

Proses seleksi peserta ICC Volume 2 berlangsung ketat dengan beberapa kriteria utama dari panitia ICC Volume 2. Para pelajar dilihat dari sisi basic knowledge tentang bidang yang dipilih, tingkat antusiasme, kesiapan dalam mengikuti kegiatan serta integritas dan komitmen.  

“Harapan kami melalui pelatihan ini dapat meliterasi pelajar SMA untuk terus mengembangkan diri dan memanfaatkan teknologi dengan baik. Terus produktif dan berinovasi dengan karya-karya. Dikarenakan tonggak masa depan ada di tangan pelajar,” ujar Ketua ICC Volume 2 Muhammad Iqbaludin.

Penyelenggaraan ICC Volume 2 tahun 2021 memberikan empat kategori pelatihan yakni Product Photography, Creative Video, Content Writing, dan Brand Design Class. Peserta ICC Volume 2 berkesempatan mendapatkan pelatihan tidak hanya pada kemampuan teknis, namun juga kemampuan selling karya di era digital saat ini secara gratis.

Di akhir kegiatan peserta akan mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat Adobe Certified Professional dan Microsoft Office Specialist. Kelas pelatihan ini diisi oleh para mentor berpengalaman di digital content.

Mentor yang mengisi  kegiatan Coaching Class antara lain Rika Ekawati dan Silva Sandriani untuk kelas Photography. Kelas Content Writing diisi oleh Ilham Sadli dan Marantina Napitu. Kelas Creative Video diisi oleh Udd Sondakh dan Anjas Maradita. Kelas Brand Design diisi oleh Samuel Teddo dan Ayom Satrio.(fik)

Komentar

VIDEO TERKINI