Anak Pesisir Antusias Ikuti Pembelajaran Gratis dari RBP di Takalar

Jumat, 15 Oktober 2021 10:26

FAJAR.CO.ID, TAKALAR – Sejumlah anak-anak yang bermukim di sekitaran Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar, antusias mengikuti proses pembelajaran di tapi pantai.

Mereka diajari oleh sekelompok pemuda yang tergabung dalam komunitas Rumah Baca Pesisir (RBP). Komunitas ini bergerak di dunia pendidikan anak di wilayah pesisir.

Ada sekitar puluhan anak-anak yang aktif mengikuti pembelajaran yang diadakan oleh RBP itu, sejak beberapa pekan terakhir. Founder RBP, Muhammad Yusran, mengatakan, ia bersama rekannya sudah lama memberikan wadah pembelajaran khusus anak pesisir di sana.

Hal itu dilakukan agar anak-anak di sana sudah terbiasa dengan ilmu pengetahuan. Sehingga, diharapkan memiliki hobi belajar hingga ia dewasa kelak.

“Tujuannya ya membantu keberlanjutan pendidikan anak pesisir melalui kegiatan Beasiswa Pesisir. Harapannya juga melahirkan generasi penerus yang berakhlak mulia dan berjiwa nasionalis melalui kegiatan Religius dan penguatan Wawasan Nusantara,” kata Yusran, Jumat (15/10/2021).

Yusran melanjutkan, komunitas ini ia dirikan sejak 7 Februari 2020 dan sudah banyak rekan-rekannya yang bergabung menjadi relawan tenaga pendidik bagi anak pesisir.

“Proses pembelajaran ini memang kami lakukan setiap sore hari. Ada sekitar 24 anak-anak yang rutin kegiatan belajar ini setiap hari,” tambahnya.

Proses belajar mengajarnya pun gratis. Apalagi, sekretariat RBP sendiri berada di sekitaran Pulau tersebut. Selain itu, eski komunitas yang ia bangun masih seusia biji jagung, ia yakin tekat untuk mengembangkan komunitasnya ini akan terbangun di daerah pesisir lainnya.

“Saat ini kami fokus dulu di pesisir Takalar dan Makassar. Ke depan akan berkegiatan juga di Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Pangkep,” tandasnya. (Ishak/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI