Nilai Investasi Rp 2,8 Triliun, Bantaeng Perkenalkan Grand Desain PLTB di Laut Pa’jukukang

  • Bagikan

Pabrik pertama yang akan dibangun adalah smelter yang mulai pelaksanaan ground breaking pada Desember 2021. Rencana pembangunan ini akan tuntas pada 2024. Selanjutnya untuk stainles stell dan pabrik metal itu akan dibangun pada tahap selanjutnya. Pabrik stainles stell dibangun pada 2023 dan selesai pada 2025 sedangkan pabrik metal selesai pada 2027.

“Nilai investasinya ini Rp11,3 Triliun untuk tiga pabrik ini. Kita harapkan proses ini bisa selesai tepat waktu,” jelas dia.

Bantaeng Diapresiasi Mendagri

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyempatkan diri hadir di stand pameran milik PT Basic (perseroda). Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin memapartkan grand desain pembangunan PLTB di laut Pa’jukukang untuk menyuplai energi listrik di KIBa.

Bupati bergelar doktor pemerintahan ini menyebut, grand desain ini adalah yang pertama di Indonesia. “Jika ini terwujud, ini adalah yang pertama di Indonesia,” jelas dia.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengaku kagum dengan rencana itu. Dia berharap rencana ini bisa terwujud untuk masa depan Bantaeng yang lebih baik.

Sekadar diketahui, KIBa memiliki luas lahan mencapai 3.151 hektare. Kawasan ini masuk dalan Project Strategis Nasional (PSN). Selain industri smelter, di kawasan ini juga akan dibangun pelabuhan ekspor untuk mendukung aktivitas niaga di Indonesia.

Apkasi Otonomi Ekspo (AOE) 2021 dibuka langsung oleh presiden RI, Joko Widodo secara virtual di Istana Bogor. Dalam kesempatan itu, Presiden mengapresiasi langkah Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dalam menggerakkan ekonomi daerah di tengah situasi pandemi.

  • Bagikan