PPKM Level 2 di Makassar, Kapasitas Pengunjung Bioskop 70 Persen

Kamis, 21 Oktober 2021 17:24

Salah seorang Konten digital. Muh Arif Budiman asal Belopa Sulsel. Ia membuat filter instagram yang mengajak masyarakat memakai masker.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — PPKM Level 2 di Makassar memberikan kelonggaran berbagai aktivitas masyarakat. Salah satunya, kapasitas pengunjung bioskop naik menjadi 70 persen.

Sebelumnya, bioskop hanya bisa menerima pengunjung sebanyak 50 persen dari kapasitas ruangan. Tidak hanya itu. Jam operasional mal juga bertambah lama, hingga pukul 21.00 Wita.

“Kapasitas bioskop 70 persen, bisa saja. Sepanjang yang masuk ke bioskop itu sudah vaksinasi, menggunakan masker, serta mengikuti aturan dengan benar,” jelas Ahli Epidemiologi Unhas, Prof Ridwan Amiruddin, kepada FAJAR, Rabu, 20 Oktober.

Prof Ridwan menilai, penambahan kapasitas ini harus sesuai aturan pengetatan sebelumnya. Menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan anak usia 12 tahun ke bawah, tetap tidak diperbolehkan masuk bioskop.

“Sebab, pertahanan tubuh anak-anak belum dilengkapi vaksinasi Covid-19. Memang belum ada vaksin untuk mereka, baru untuk yang 12 tahun ke atas saja,” terang Guru Besar FKM Unhas ini.

Epidemiolog Unhas, Ansariadi menyebut, pelonggaran sesuai zonasi PPKM wilayah bisa kembali menggairahkan ekonomi di suatu wilayah. Selain itu, masyarakat berupaya hidup berdampingan dengan virus korona.

“Aturan umum sudah mesti kita terapkan sehari-hari. Namun, jika ada kasus sebaiknya pemerintah bisa deteksi dari mana asalnya. Titik enularan itu harus segera ditutup untuk sementara, hingga kondisi titik itu betul-betul terkendali,” paparnya.

Pria yang akrab disapa Anca ini berharap proses penanganan diperkuat di titik-titik sumber penularan, agar kasus bisa segera ditekan sehingga tidak menyebar luas. (asri)

Komentar

VIDEO TERKINI