Bantu UMKM, Pemkab dan Pusat Investasi Pemerintah Gagas Kerjasama Pembiayaan Ultra Mikro

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA — Pemerintah Kabupaten Luwu Utara sedang menggagas kerjasama dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kemenkeu terkait pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

Pembiayaan UMi merupakan program pemerintah yang menyediakan fasilitas pembiayaan maksimum Rp.20 juta/debitur bagi usaha ultra mikro yang belum dapat mengakses program pembiayaan dari perbankan.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani menyebut, hal ini penting dilakukan untuk membantu usaha mikro terlebih di masa pandemi COVID-19 dan pasca banjir bandang.

“Pemda sejak 2018 memiliki program memberikan bantuan dana stimulan untuk wirausaha pemula atau yang masuk dalam kategori mikro sebesar Rp. 10 juta/ kelompok.
Saat ini berjalan tahun ketiga sebab di 2020 kami konversi ke kegiatan lain karena kami ingin merangkul lebih banyak lagi,” kata Indah saat melakukan meeting via virtual zoom dengan Direktur Utama PIP, Jumat (22/10) di Command Center.

Indah didampingi Ketua DPRD, Basir menyatakan Pemda siap membangun kerjasama dengan PIP sebab dari pembiayaan tersebut ada pendampingan yang terus menerus diberikan kepada kelompok yang mendapat bantuan.

“Target kami di RPJMD ada 1000 kelompok yang akan kami intervensi. Kami optimis bisa lebih banyak yang akan diintervensi oleh pemda dengan pola pembiayaan ultra mikro.
Misal memberikan subsidi bunga dengan alokasi yang kami siapkan, lebih dari seribu kelompok pun bisa kami intervensi setiap tahun. Tapi untuk teknis polanya seperti apa ke depan masih akan kita bicarakan lebih lanjut,” ucapnya.

  • Bagikan