Pekan Jurnalistik… LPM Estetika Siapkan Pameran, Workshop, dan PJTLN

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Estetika Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) akan mengadakan Pekan Jurnalistik (Pekjur) secara blended selama satu pekan, Senin hingga Minggu (1-7/11/2021).

Kegiatan yang bertemakan “Jurnalisme Pembaharuan” ini berfokus pada tiga item acara, yaitu Workshop, Pameran, dan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN).

Adapun dalam kegiatan ini akan menghadirkan berbagai pemateri untuk mengulik lebih dalam mengenai podcast dan jurnalisme investigasi. Tak hanya itu, kegiatan ini juga akan memamerkan foto dengan tema "Dua Sisi Pandemi" dan lomba fotografi yang terbuka untuk khalayak umum.

Pemimpin Umum LPM Estetika, Naufal Fajrin JN, mengatakan tujuan diadakannya Pekjur ini selain mempererat silaturahmi juga menerapkan UU No 40 Tahun 1999 Pasal 6.

"Selain mempererat silaturahmi antar LPM, Pekjur juga diharapkan mampu menjadi sarana terhadap upaya aktualisasi UU nomor 40 Tahun 1999 pasal 6 tentang bagaimana pers seharusnya berperan di tengah masyarakat," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pada tahun ini akan digelar PJTLN yang ditujukan ke LPM se-Indonesia, berbeda dengan pekjur sebelumnya yang terdapat diklat jurnalistik abu-abu dengan mengundang siswa SMA sederajat sebagai peserta.

"Konsepnya sebenarnya sama, kita masih laksanakan tiga item, yang berbeda itu tahun lalu diklat jurnalistik abu-abu yang ditujukan ke siswa SMA/sederajat, sedangkan kali ini sasarannya LPM se-Indonesia," ungkapnya. (rls)

  • Bagikan