Reksadana Pasar Uang dan Reksadana Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan?

  • Bagikan

Keuntungan Reksadana pasar uang

Kondisi reksadana pasar uang dapat dikatakan relatif stabil dan volatilitasnya rendah. Artinya, perubahan harga yang dimiliki tidak terlalu bervariasi dari waktu ke waktu. Karenanya, keuntungan reksadana pasar uang dapat diandalkan sebagai sumber dana darurat yang sifatnya dibutuhkan sewaktu-waktu. Adapun 5-6% merupakan kisaran angka keuntungan reksadana pasar uang per tahun. Dengan ini, memang keuntungan reksadana pasar uang tidak begitu besar. Akan tetapi, sisi baik lainnya adalah investasi ini cocok untuk pemodal yang tidak ingin memiliki risiko besar dan cenderung menyukai permainan investasi yang aman.

Keuntungan Reksadana saham

Dibandingkan dengan reksadana pasar uang, reksadana saham jauh lebih fluktuatif terlebih dalam waktu singkat karena pergerakannya banyak bergantung pada produk perusahaan. Namun tentunya, keuntungan reksadana saham melambung jauh di atas reksadana pasar uang, berkisar antara 17-20%, yakni hingga tiga kali lipat. Akan tetapi, jika kamu pemodal yang berani ambil risiko, reksadana saham merupakan santapan lezat buat kamu. Keuntungan reksadana saham akan dapat dirasakan jika kamu melakukan investasinya dalam kurun waktu yang lama. Oleh karena itu, reksadana saham kurang tepat jika digunakan sebagai sumber dana darurat seperti reksadana pasar uang, namun cocok digunakan untuk investasi jangka panjang.

Sebagai pemodal, tentu keputusan sepenuhnya ada di tangan kamu. Kamu hanya harus menentukan tujuan utamamu dalam berinvestasi dan tipe pemodal seperti apakah kamu. Untuk menikmati keuntungan reksadana, caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi yang menunjang reksadana pada ponselmu, baik itu aplikasi khusus penyedia reksadana ataupun mobile banking, layanan perbankan online, yang menyediakan fitur reksadana seperti digibank by DBS.

  • Bagikan