Wujudkan Pelayanan Kelas Dunia, Kemenkumham Gelar Pameran Pelayanan Publik

  • Bagikan

“Selain mencerminkan wujud birokrasi digital, pelayanan virtual tersebut sesuai dengan konsep adaptasi kebiasaan baru guna menjaga produktivitas pelayanan kepada publik dengan penerapan perilaku pencegahan penularan COVID-19,” tambah Cahyo.

Selain pelayanan pada unit utama, dilaksanakan juga pameran pelayanan publik Kemenkumham secara serentak di Kantor Wilayah Kemenkumham di seluruh Indonesia dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Tidak hanya pameran pelayanan publik, dalam kegiatan ini juga disajikan webinar series bertemakan pelayanan publik Kemenkumham untuk wujudkan pelayanan kelas dunia melalui peran dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) dengan Perseroan Perorangan yang baru dirilis, Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dengan pemberian ruang akses keadilan, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Ditjen KI) dengan pendaftaran merek dan karya tanpa sengketa hak cipta, serta Direktorat Jenderal Imigrasi dengan kebijakan izin tinggal dan visa pada masa pandemi Covid-19.

Melalui rangkaian kegiatan perayaan HDKD 2021 ini, seluruh insan Kemenkumham tetap berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah melalui birokrasi yang lebih adaptif, cepat dalam proses pelayanan, dan pengambilan keputusan dengan dukungan teknologi digital hingga mengantarkan Kemenkumham menjadi organisasi dengan pelayanan publik kelas dunia.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel mengatakan, selama dua hari, 25 -26 Oktober pihaknya juga menyelenggarakan Legal Expo (Pameran Layanan Publik) di Pelataran Kantor Wilayah.

Menurut Kakanwil Harun, Pameran di Kanwil Sulsel ini juga dibuka konsultasi gratis terkait layanan Kekayaan Intelektual seperti tata cara pendaftaran merek, hak cipta, paten, dan disain industri. Juga terkait layanan kekayaan intelektual komunal , seperti tata cara pencatatan ekspresi budaya tradisional, pengetahuan tradisional, indikasi geografis.

“Juga layanan konsultasi terkait pendirian badan hukum terutama pendirian perseroan perorangan serta konsultasi terkait bantuan hukum. Layanan informasi dan konsultasi keimigrasian serta pemasyarakatan juga disediakan,” Kata Kakanwil Harun.

  • Bagikan