Bukan oleh Polisi, Demo Sumpah Pemuda Dibubarkan Hujan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Peringatan hari Sumpah Pemuda pada hari ini diwarnai aksi unjuk rasa di sejumlah wilayah. Salah satunya di Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Kamis (28/10/2021).

Unjuk rasa tersebut dilakukan oleh sejumlah kelompok yang mengaku mahasiswa, yang turun ke jalan dan menyampaikan orasi mereka ke publik, sekitar pukul 12.00 WITA.

Massa aksi yang berjumlah puluhan orang itu, sempat melakukan aksi bakar ban dan menutupi sebagian jalan dari arah Makassar menuju ke arah Kabupaten Gowa.

Sayangnya, belum selesai berunjuk rasa, tiba-tiba hujan mengguyur. Unjuk rasa pun bubar dengan sendirinya akibat hujan tersebut. Pantauan terkini pukul 13.40 WITA, arus lalu lintas di jalan itu pun kembali normal.

Kendati, puluhan aparat kepolisian masih berjaga di sekitar lokasi. Salah satunya terdapat mobil water canon yang disiapkan di simpang empat Jalan Sultan Alauddin - Jalan Andi Pangeran Pettarani, Makassar.

Kepala Bagian Operasi (KabagOps) Polrestabes Makassar Kompol Nugraha Pamungkas, mengatakan, pihaknya telah mengerahkan anggotanya untuk mengawal aksi ini.

"Perkiraan sejauh ini sekitar 10 titik. Tapi untuk pastinya besoklah kita lihat, apakah bertambah atau seperti apa. Untuk estimasi jumlah personel, kota siapkan 1.800 personel (gabungan)," kata Kompol Nugraha. (Ishak/fajar)

  • Bagikan