Sambut Industri 4.0, Mahasiswa FT UNM Dibekali Keterampilan Fluidsim Pneumatik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Tim dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) bekali mahasiswa dengan keterampilan Fluidsim Pneumatik melalui pelatihan singkat di Laboratrorium Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Kamis (28/10/2021).

Keterampilan praktik dalam bidang pneumatik menjadi disiplin ilmu utama yang harus dikuasai mahasiswanya. Karena idealnya, setelah menjadi lulusan universitas pendidikan, mereka akan dihadapkan dengan dua pilihan. Memilih masuk dalam dunia industri atau dunia pendidikan.

Salah satu perwakilan tim, Andi Muhammad Irfan mengatakan, kegiatan ini didasari akan pesatnya kemajuan dunia teknologi 4.0. Lajunya geliat era teknologi ini pun harus disambut serius oleh mahasiswa. Bekal utamanya adalah menguasai software fluidsim pneumatik.

"Di masa yang akan datang bidang mekatronika khususnya pneumatic akan berkembang pesat. Hal ini dapat ditandai dengan pemanfaatan mesin moderen di industri yang teknologinya menggunakan gabungan bidang mekanik dan elektronika, sehingga disebut bidang mekatronika. Untuk dapat menangani mesin moderen seperti itu, tentu saja dibutuhkan tenaga kerja yang menguasai pengetahuan dan keterampilan praktek dalam bidang pneumatik," katanya.

Maka, kata Ketua Laboratorium Jurusan Pendidikan Teknik Mesin ini, perlu adanya pola pembelajaran yang dapat memfasilitasi tumbuh kembangan keterampilan mahasiswa sebagai calon guru produktif atau sebagai mekanik di dunia industri. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan pelatihan dengan menggunakan software fluidsim pneumatik.

  • Bagikan