Inovasi dan Kolaborasi BPJS Kesehatan dalam Penanggulangan Pandemi

Jumat, 29 Oktober 2021 09:19

FAJAR.CO.ID, BONE — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyelenggarakan workshop dan anugerah lomba karya jurnalistik BPJS Kesehatan Tahun 2021, mulai Kamis, 28 Oktober hingga Jumat 29 Oktober.

Workshop yang diadakan di Kantor BPJS Kesehatan Bone dirangkaikan dengan kegiatan webinar mengangkat tema “Peran BPJS Kesehatan Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19”.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Prof Ali Ghupron Mukti, mengatakan selama pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan ikut berperan aktif dalam penanggulangan pandemi Covid-19. Pada awal pandemi Covid-19 memang terjadi penurunan pemanfaatan layanan kesehatan di FKTP, namun pemanfaatan menunjukkan tren kenaikan.

“Akan tetapi sepanjang masa pandemi Covid-19 terjadi 9,3 juta pelayanan terkonsultasi di FKTP,” katanya Kamis (28/10/2021).

Kata dia, bentuk peran BPJS Kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19. Itu diantaranya penugasan khusus verifikasi administrasi klaim covid-19 di rumah sakit, pengembangan aplikasi P-Care vaksinasi untuk registrasi Faskes: pemberi layanan vaksinasi dan pencatatan pelayanan vaksinasi di Faskes.

Selain itu ada juga, penjaminan pelayanan kejadian ikutan paska imunisasi (KIPI) covid-19 bagi peserta JKN, dan Inovasi Layanan Kesehatan bagi peserta JKN pada masa pandemi covid-19.

Bukan cuma itu saja, di masa pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan juga membuat strategi dalam penyelenggaraan JKN pada masa pandemi Covid-19 diantaranya, penyediaan kanal layanan administrasi peserta tanpa tatap muka melalui aplikasi Whatsapp Pandawa dan Call Center 165.

Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi berupa Telekonsultasi Dokter FKTP, Monitoring Status Kesehatan Peserta JKN Kronis oleh FKTP, Kebijakan Iterasi Peresepan Untuk Pelayanan Obat Kronis dan PRB, Display Ketersediaan tempat tidur di RS untuk memberikan kepastian pelayanan, antrian online terintegrasi mobile JKN dan Faskes untuk memberikan kepastian layanan dan mengurangi antrean di Faskes.

Komentar

VIDEO TERKINI