Kerjasama Unhas dan UMI, Balitbangda Makassar Bahas Penelitian Acuan untuk Dewan dan OPD Pemkot

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar menggelar seminar hasil di Hotel Santika, Kamis (28/10). Hadir sebagai narasumber, Akademisi UMI Lambang Basri dan Tim Unhas Muchsan Putra Hatta.

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie menjelaskan, kegiatan ini salah satu kunci sukses dalam menyusun kebijakan penelitian. Nantinya, akan menjadi acuan baik ke legislatif atau OPD.

“Seminar hasil yang kita bahas itu soal penelitian dan pengembangan pekerjaan umum. Jadi, hasilnya ini akan menjadi masukan dan penyempurnaan dalam kegiatan pembangunan,” ujar Andi Bukti Djufrie.

Kata dia, kehadiran peserta bisa menjadi tambahan gagasan yang nantinya akan menjadi bahan pembanding oleh Tim. Artinya, hasil penelitian ini dapat menjadi rekomendasi yang baik dan dilakukan sebagai penyempurnaan pemerintahan.

“Alhamdulillah, kegiatan kita ini mendapat apresiasi dari walikota terkait kinerja Balitbangda karena semua proses dilakukan bertahap sebagai proses ilmiah,” paparnya.

Bukti—sapaan akrabnya, seminar hasil ini melibatkan melalui kerjasama dengan lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Hasanuddin dan UMI.

Harapannya, sambung dia, pelibatan akademisi ini bisa menghasilkan produk atau karya ilmiah yang bermanfaat bagi pemerintah kota (Pemkot) Makassar dan kualitas hidup warga.

“Untuk merealisasikan itu, kami di Balitbangda intens koordinasi dengan OPD dan Lembaga Kelitbangan. Tujuannya, integrasikan dalam melakukan penelitian,” jelasnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan