Yayasan Hadji Kalla Latih Warga Desa Boneposi Tanggap Bencana

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUWU- Yayasan Hadji Kalla baru saja menggelar program pelatihan mitigasi bencana, dan simulasi bencana alam di desa binaan Boneposi, Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. Kegiatan ini digelar selama dua hari pada 30-31 Oktober 2021. Desa Bonepsosi terletak di lokasi dataran tinggi dengan kondisi tanah yang curam. Kondisi ini menyebabkan daerah ini berpotensi mengalami bencana tanah longsor, aliran deras, dan tanah retak.

Sementara pengetahuan, dan pemahaman masayarakat terkait mitigasi bencana alam masih rendah. Hal ini terjadi karena rendahnya kesadaran masyarakat terkait resiko terjadinya bencana alam yang sewaktu waktu bisa terjadi. Selain itu, hal ini karena kurangnya sosialisasi tentang mitigasi bencana serta pengetahuan warga terkait mitigasi bencana.

Karena itu, kegiatan pemberdayaan masyarakat berwujud Program Desa Bangkit Sejahtera oleh Yayasan Hadji Kalla berupa pelatihan mitigasi dan simulasi bencana alam. Kegiatan ini bermanfaat sebagai salah satu cara untuk menyadarkan masyarakat, akan pentingnya melengkapi diri dengan pengetahuan dan pemahaman terhadap bencana alam yang mungkin saja terjadi sewaktu-waktu.

Sasaran kegiatan ini dikhususkan untuk masyarakat usia lanjut, usia produktif pemuda dan siswa-siswa sekolah yang merupakan generasi penerus desa. Pengetauan dan pengalaman yang diterima melalui pelatihan ini dapat dibawa dan ditularkan kepada lingkungan sekitar. Dalam kegiatan sosialisasi, dan simulasi ini, Yayasan Hadji Kalla bekerja sama dengan PMI Kabupaten Luwu sebagai relawan dan pemateri. Melalui kegiatan ini pula, diharapkan tumbuh kesadaran warga masyarakat terkait tanggap darurat saat bencana alam terjadi sewaktu-waktu.

  • Bagikan