Anggaran Perjalanan Dinas Bappelitbangda Wajo Rp1,3 Miliar di Tengah Pemulihan Ekonomi

Rabu, 3 November 2021 21:06

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, SENGKANG — Anggaran belanja perjalanan dinas di Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Wajo cukup fantastis tahun ini. Nilainya sebesar Rp1,3 miliar.

Berdasarkan data dihimpun FAJAR di laman www.sirup.lkpp.go.id, terdapat 29 item kegiatan belanja perjalanan dianggarkan Bappelitbangda Wajo.

Rinciannya, 9 item perjalanan dinas luar daerah, 8 item perjalanan dinas dalam daerah. Selebihnya 12 item dengan nomenklatur perjalanan dinas. Total keseluruhan 29 item perjalanan tersebut sebesar Rp1.356.970.000

Di sisi lain, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Wajo, notabenenya merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat atau petani, anggaran perjalanan dinasnya lebih sedikit.

“Saya, tahun ini perjalanan dinas, sekitar Rp255 juta,” ujar Kepala DPKP Wajo, Muhammad Ashar, Selasa, 3 November 2021.

Sementara, Sekretaris Bappelitbangda Wajo, Susilawati Panikkai, membenarkan besaran anggaran perjalanan dinas tersebut. Kata dia, peruntukannya di setiap bidang, 1 sekretariat dan 5 bidang.

“Setiap bidang perencanaan, masing-masing mempunyai bidang koordinasi ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Wajo. Jadi untuk usulan kegiatan di OPD biasanya mereka meminta Bappelitbangda untuk mendampingi koordinasi,” jelasnya.

Sayangnya, Susi sapaannya tidak dapat membeberkan jumlah yang telah digunakan atau realisasi dari total anggaran perjalanan dinas Rp1.356.970.000.

Tingginya anggaran tersebut, disayangkan oleh warga Kecamatan Tempe, Galih. Menurutnya, lambatnya perputaran ekonomi di tengah pandemi, di sisi lain OPD dengan asyik melakukan perjalanan dinas. Nilai fantastis.

“Perjalanan dinas memang tujuannya untuk koordinasi. Sementara di tengah pendami itu bisa dilakukan secara virtual, walaupun sebenarnya tidak efektif,” terang pria yang mengaku alumnus Universitas Hasanuddin Makassar ini. (man)

Komentar

VIDEO TERKINI