Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Rakorwas Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makassar – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan Harun Sulianto didampingi Kadiv Pemasyarakatan Edi Kurniadi dan Kabag Umum Basir ikuti Pembukaan Rapat Koordinasi Pengawasan (Rakorwas) dan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-55 Inspektorat Jendral secara daring, bertempat di Aula Kanwil pada Rabu (3/11/2021).

Acara yang dipusatkan di jakarta tersebut mengambil tema “Mengawal Kinerja Semakin BerAKHLAK”.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dalam sambutannya mengapresiasi kinerja Inspektorat Jendral (Itjen) yang memiliki peran penting dalam mengawal kinerja organisasi. “Itjen perlu mengoptimalkan fungsi Quality Assurance, Counsulting, dan menjadi Strategic Partner dalam mengawal kinerja guna meningkatkan akuntabilitas keuangan negara, memperbaiki tata kelola pemerintahan, dan pengendalian atas risiko,” kata Yasonna.

Untuk dapat mengoptimalkan fungsi tersebut, Yasonna meminta seluruh Pimpinan Satuan Kerja untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan yang melekat kepada jajarannya guna menekan tingkat pelanggaran.

Selanjutnya, Yasonna menyampaikan bahwa Kemenkumham telah menandatangani Piagam Audit Charter yang salah satu muatannya adalah memberikan akses yang seluas-luasnya kepada APIP dalam menjalankan tugasnya.

“Saya perintahkan pada semua pimpinan satker agar memberikan keterbukaan akses seluas-luasnya kepada Itjen untuk mendukung pelaksanaan pengawasan,” ujar Yasonna.

Juga dipaparkan capaian Itjen, antara lain Gerakan Lima Hari Belajar (GEMAR BELAJAR), Perolehan Sertifikasi Internasional ISO 37001 versi 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) 2020, dan Inspektorat Jendral bersama dengan insan APIP berhasil mempertahankan sertifikasi dari TUV NORD selaku auditor eksternal.

  • Bagikan