Unhas Perkenalkan Pemanfaatan Limbah Sebagai Bahan Penyusun Material Konstruksi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SIDRAP -- Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin bekerja sama Pemkab Sidrap melaksanakan Sosialisasi Pemanfaatan dan Pengelolaan Limbah Pertanian menjadi Bahan Penyusun Material Kontruksi, Kamis (4/11/2021).

Acara berlangsung di Aula Kompleks SKPD Sidrap, dihadiri OPD serta perwakilan berbagai kelompok masyarakat di Kabupaten Sidrap.

Hadir di kegiatan tersebut, Staf Ahli Bupati Sidrap Bidang Pemerintahan, Patahangi Nurdin, Kabag Kerja Sama, Muhammad Iqbal, dan Sekretaris Prodi Magister Kebidanan Pascasarjana Unhas, Dr. Mardiana Ahmad. Adapun sebagai pemateri, yakni Evi Abrianti dan Prili.

Mardiana Ahmad mengatakan, kegiatan tersebut memperkenalkan kepada masyarakat bagaimana pemanfaatan limbah yang tidak terpakai untuk material dan beton.

"Harapannya suatu saat hasil penelitian yang ramah lingkungan ini menjadi salah satu alternatif sekaligus usulan kepada pemerintah untuk digunakan dalam sektor pembagunan," katanya.

Ditambahkannya, hal itu merupakan langkah awal mengembangkan potensi ekonomi di daerah dengan memanfaatkan limbah yang tidak terpakai.

"Ekonomi dapat meningktat, kualitas lingkungan hidup pun lebih baik," tuturnya.

Sementara Patahangi Nurdin menyampaikan terima kasih kepada pihak Unhas dengan adanya kegiatan tersebut. Disebutkannya, Sidrap memang membutuhkan teknologi terkait pemanfaatan limbah pertanian.

"Kabupaten Sidrap adalah kabupaten yang paling banyak pabriknya, mudah-mudahan nanti pemanfaatan limbah untuk kontruksi ini betul-betul bisa diterapkan," ujarnya.

  • Bagikan