Kenalkan Budaya Daerah, Pokdarwis Kampong Lappara Gelar Festival Kampong Lappara II

Senin, 8 November 2021 21:36

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Sekelompok pemuda di Dusun Bonto, Desa Kompang Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, yang tergabung dalam Kelompok Pemuda Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampong Lappara, kembali menggelar event tahunan, Festival Kampong Lappara II.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampong Lappara, Dusun Bonto ini digelar selama tiga hari, dari 5-7 November 2021, dengan mengusung tema ‘Mengangkat dan Melestarikan Nilai-Nilai Kebudayaan dalam suatu Tirai Tradisi.

Festival Kampong Lappara II, dihadiri oleh berbagai kalangan, baik pemerintah setempat maupun masyarakat umum, pelajar, mahasiswa, penggiat usaha kecil, pecinta alam dan berbagai komunitas lainnya.

Acara dibuka langsung oleh Camat Sinjai Tengah, Muh Jufri. Dalam sambutannya, Muh Jufri, berharap event ini nantinya juga mampu melahirkan generasi yang mencintai budaya, mengenal akan ragam potensi daerah, sehingga dapat lebih mengangkat nama daerah dengan berbagai aksi di tingkat lokal.

Berbagai kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari budaya dan tradisi masyarakat setempat. diawali dengan barazanji, sebuah ritual shalawat yang sangat dipertahankan oleh masyarakat Kampong Lappara. Barazanji ini diisi oleh para tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Hadir memimpin barazanji dan doa bersama, pada malam pertama kegiatan, yaitu tokoh agama dari Desa Kompang AGH Puang Arafah.

Dalam rangkaian kegiatan, panitia menyisipkan berbagai permainan traditional, seperti engrang, tarik tambang, dan berbagai permainan traditional lainnya untuk mengajak pengunjung dan masyarakat bergembira bersama, mengenang masa kecil melalui permainan traditional, sekaligus mengenalkan ragam permainan traditional kepada milenial di desa tersebut.

Ketua Umum Pokdarwis Kampong Lappara, Supardi mengatakan, permainan tradisional ini dikenalkan agar para milenial tidak tergerus dengan efek negatif dari kemajuan teknologi.

Komentar

VIDEO TERKINI