PPKM Makassar Masih Level 2, Danny Pomanto Salahkan Daerah Aglomerasi

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di Makassar akan berakhir hari ini. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Wali Kota Makassar Nomor 443.01/525/S.Edar/Kesbangpol/X/2021.

Terkait status level Makassar selanjutnya belum diketahui pasti. Pemerintah Kota Makassar masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat apakah statusnya tetap atau turun level ataukah justru naik.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto atau yang lebih dikenal Danny Pomanto mengatakan, alasan Makassar masih level 2 karena wilayah aglomerasi masih level 3.

Diketahui, Sebagian besar kabupaten/kota di Sulsel masih status level 3 diantaranya, Kepulauan Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa, Sinjai, Bone, Maros, Pangkajene Kepulauan, Barru, Soppeng, Wajo, Sidenreng Rappang, Luwu, Tana Toraja, dan Luwu Utara.

"Setahu saya, saya dapat kabar bahwa kenapa kita level dua padahal sebenarnya di level 1, ini hari 0 lagi. Kita 75 persen vaksinasi. Menurut kabar karena daerah aglomerasi kita belum sampai 40 persen vaksinasi," katanya, Senin, (8/11/2021).

Menurutnya, apabila Makassar level 1 dikhawatirkan warga yang belum menerima penyuntikan vaksin bebas masuk Makassar. Meskipun hal itu kata dia memang sulit dikontrol.

"Sudah masuk mi setiap hari sebenarnya. Artinya ada ketimpangan herd immunity Makassar dengan daerah aglomerasi nya. Karena masih level 3," ujarnya.

Jika Makassar turun level 1 dan wilayah agelomerasi tetap level 3 kata Danny itu akan sangat mempengaruhi.

Meski demikian, saat ini Makassar masih menunggu keputusan pemerintah pusat ihwal status level PPKM.

  • Bagikan