Bazaar Klaster Mantriku Pacu Geliat UMKM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Makassar terus mendorong geliat para pelaku UMKM.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengadakan kegiatan Bazaar Klaster Mantriku yang rutin digelar setiap bulan. 

Pemimpin BRI Makassar, M Fikri Satriawan mengatakan, Bazaar Klaster Mantriku adalah program untuk memperkenalkan produk klaster unggulan BRI dalam bentuk pameran, penjualan produk dengan metode transaksi cashless. 

Ia menyebut, dalam Bazaar Klaster Mantriku, pembeli dapat bertransaksi secara cashless menggunakan QRIS, BRIMO, EDC Merchant, hingga transfer. 

"Klaster unggulan BRI adalah klaster yang secara intensif didampingi Mantri BRI dengan memberikan dukungan melalui berbagai program pelatihan dan pemberdayaan sehingga setiap usaha yang digeluti pelaku UMKM dapat berkembang,” ujar Fikri saat ditemui dalam kegiatan Bazaar Klaster Mantriku yang digelar di pelataran Kantor BRI Makassar, Jalan Ahmad Yani, Jumat (12/11/2021).

Para Mantri BRI, dijelaskan Fikri, bertugas untuk mengoptimalkan potensi dari para pelaku UMKM di setiap unit Bank BRI sekaligus menjadi financial advisor bagi para pelaku UMKM di klaster usaha binaan masing-masing. 

Klaster Usaha itu sendiri adalah sekelompok pelaku UMKM yang memiliki usaha sejenis dan berlokasi di wilayah yang sama. Klaster usaha UMKM dibentuk di seluruh unit kerja BRI di Indonesia.

Klaster usaha yang sudah terbentuk kemudian diberikan bantuan pelatihan, pendampingan, pemberdayaan hingga permodalan.

"Saat ini di wilayah Kanwil BRI Makassar, kita sudah membentuk sebanyak 305 klaster UMKM binaan, masing-masing beranggotakan minimal 15 pelaku usaha dalam 1 klaster, dan hari ini beberapa diantaranya kita pamerkan melalui Bazaar Klaster Mantriku," jelasnya. 

  • Bagikan