Peringati Hari Diabetes, Dokter Paparkan Trend Peduli Kesehatan Masa Pandemi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Para asosiasi dokter di Indonesia yang menyebut mereka dengan peesatuan Doogether Indonesia, bersama Malaysia Healthcare dan Sunway Medical Centre melakukan penelitian terhadap masyarakat di dua negara.

Setahun terakhir ini, mereka melihat jika trend menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga pola hidup menjadi kebiasaan baru.

Melalui Seminar kepada FAJAR, Spesialis penyakit dalam dan diabetes dari Sunway Medical Centre, dr. Lim Kim
Piow mengatakan ada beberapa penyakit bawaan yang memang sejak awal pandemi ikut mengancam. Salah satunya diabetes.

"Penyakit ini yang banyak mengakibatkan kematian sebagai penyakit komorbit. Namun setahun belakangan ini, para penderita penyakit ini justru lebih rajin check up," ucapnya.

Kata dia, apalagi warga Indonesia yang bermukim di Makassar banyak yang datang ke Malaysia memeriksaan diri. Sebab kata mereka masa pandemi ini mereka ingin tetap menjaga diri.

"Jadi kami anjurkan semain mengurangi konsumsi gula dan rajin check up, tetap menjaga mobilitas juga penting. Tak ketinggalan penderita penyakit komorbit juga bisa vaksin dengan anjuran dokter," ucapnya.

Kata dr Liem, terkait penyakit bawaan yang ditakuti selama pandemi, seperti diabetes. Ini merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga diatas nilai normal.

Dokter dan Direktur Market Indonesia dari Malaysia Healthcare, Farah Dela mengatakan untuk tetap mengedukasi masyarakat yang memiliki penyakit bawaan atau komorbit, membuat webinar kesehatan salah satu cara mengajak masyarakat mewngetahui tips dan menjaga kesehatan.

  • Bagikan