Webinar FKIK Unismuh Makassar, Guru Besar Kedokteran Unhas: Membaca Itu Memperlambat Kepikunan

Sabtu, 13 November 2021 15:52

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar Webinar. Kuliah ini mengangkat tema “Pembentukan Karakter dalam Implementasi Kasus Emergensi”.

Kegiatan ilmiah ini digelar secara daring melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (13/11/2021). Narasumber yang dihadirkan yakni Prof dr Husni Tanra PhD (Guru Besar FK Unhas), dan Prof Suryani As’äd (Dekan FKIK Unismuh Makassar). Acara dipandu dr Muh Hardian Nugraha.

Dalam pengantarnya, Dekan FKIK Unismuh Prof Suryani menyatakan bahwa keunggulan dalam bidang kegawatdaruratan merupakan visi fakultas yang dipimpinnya.

“Kegiatan ini merupakan perwujudan dari 2 dari 10 strategi Unismuh Makassar, khususnya pada aspek pengembangan SDM dan pembinaan mahasiswa,” jelas Suryani.

FKIK Unismuh, lanjutnya, sengaja mengundang Prof Husni Tanra, karena ia memiliki banyak pengalaman khususnya dalam penanganan kegawatdaruratan.

“Beliau ini dokter yang sangat disegani di Asia, bahkan mendapat penghargaan dari Kaisar Jepang,” ungkap Suryani.

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi FKIK. Menurutnya, karakter yang penting dibangun Unismuh Makassar adalah karakter Islami.

“Karakter Islami itu akhlaqul karimah. Harapan kita, para mahasiswa kedokteran Unismuh sopan dalam bersikap, santun dalam berkomunikasi, serta sigap dalam penanganan kegawatdaruratan sesuai visi FKIK,”urai Ambo Asse.

Prof Andi Husni Tanra memaparkan materi tentang “Membangun Kualitas Dokter yang Baik serta Unggul dalam Kegawatdaruratan Medik”.

Menurutnya, kemampuan utama yang perlu dimiliki dokter adalah keterampilan berkomunikasi, disertai keramahan dan kesopanan.

“Jadilah pendengar yang baik. Jangan baru dengar sedikit keluhan pasien, langsung tulis resep. Luangkan waktu untuk mendengar cerita pasien,” jelasnya.

Andi Husni Tanra melanjutkan, dokter juga harus melakukan pekerjaan dengan baik dan penuh tanggungjawab.

Komentar

VIDEO TERKINI