Tahap Terakhir, 19 Peserta Ikuti Matra Darat Diklatsar XX UKM SAR UNM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Tahapan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) yang ke-20 Unit Kegiatan Mahasiswa Search And Rescue Universitas Negeri Makassar (UKM SAR UNM) memasuki tahapan terakhir.

Sebanyak 19 peserta yang terdiri dari 5 laki-laki dan 14 perempuan ini akan mengikuti matra darat di Dusun Langkowa, Desa Tonasa, Kecamatann Tombolo Pao, Kabupaten Gowa.

Tahapan terakhir ini akan berlangsung selama 4 hari mulai Kamis hingga Minggu (18-21/11/2021).

Ketua Panitia Diklatsar XX, Ogi Satria mengatakan matra darat menjadi tahapan penentu bagi peserta sebelum dikukuhkan oleh Badan Pengurus UKM SAR UNM menjadi anggota muda.

"Jumlah peserta terus berkurang, mulai dari pendaftaran, materi kelas hingga matra darat. Saat pembukaan kemarin ada 25 peserta," kata Ogi.

Ogi menyebut berkurangnya jumlah peserta merupakan hal yang lumrah. Mereka akan terseleksi sendiri dan mundur jika tidak mampu melanjutkan tahapan Diklatsar.

Dalam matra darat ini, Ogi menyebut peserta akan menerapkan beberapa materi. Seperti navigasi darat, PPPK, survival hingga manajamen perjalanan.

Sementara itu, Ketua Umum UKM SAR UNM, Iqbal Firmansyah Kahar tak henti-hentinya memberi semangat pada para peserta Diklatsar XX untuk tetap semangat dan mampu berjuang hingga pengukuhan.

"Peserta yang bertahan telah membuktikan mereka punya semangat. Jangan pernah khianati proses, semua pasti akan berlalu,” ungkapnya. (msn/fajar)

  • Bagikan