2 Hektar Lahan di Kecamatan Tallo Ditetapkan sebagai Lokasi Pembangunan Tol MNP

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sekitar 2 hektar lahan kecamatan Tallo, Makassar Sulawesi Selatan telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan Tol Makassar New Port.

Hal ini berdasarkan SK penetapan lokasi nomor 620/1676/DISTAN/XI/2021.

Disebutkan letak dan luas tanah lokasi rencana pembangunan akses Jalan Tol Makassar New Port terletak di Kota Makassar kecamatan Tallo.

Tepatnya di Wilayah Kelurahan Kaluku Bodoa dengan kebutuhan lahan seluas kurang lebih 4.393,6 Meter persegi atau seluas kurang lebih 0,44 Ha.

Kemudian Kelurahan Buloa dengan kebutuhan lahan seluas kurang lebih 15.948,2 Meter persegi atau seluas kurang lebih 1,59 Ha.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto atau yang lebih dikenal dengan Danny Pomanto mengatakan, persiapan di pemerintah kota Makassar telah tuntas ditandatangani SK penetapan lokasi dan sudah diumumkan ke publik.

"Insyaallah Senin (22/11/2021) secara resmi akan diserahkan ke Pelindo. Kemudian Pelindo menyerahkan ke BPN provinsi sulsel untuk dijadikan tindak lanjut pelaksanaan daripada pembebasan lahan tersebut," kata Danny dalam rilis yang diterima.

Dia menyebut, daftar nama pemilik lahan sebanyak 141 di Kelurahan Buloa dan Kelurahan Kalukubodoa Kec Tallo Kota Makassar.

"Estimasi waktu pengadaan tanah mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Kepentingan Umum, kurang lebih 138 hari sampai dengan 210 hari atau lebih tergantung pada dinamika sosial yang terjadi,” sebutnya.

Adapun rencana pelaksanaan pembangunan Kontruksi Akses Jalan Tol Makassar New Port di perkirakan kurang lebih 730 hari atau 2 tahun.

  • Bagikan