Syahbandar Perketat Pengawasan Pelayaran di Perairan Pangkep

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,PANGKEP-- Hujan lebat kerap melanda perairan Kabupaten Pangkep beberapa hari terakhir. Jasa pelayaran pun mendapat pengawasan ekstra dari Syahbandar.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Maccini Baji, Capt Ramlah, menjelaskan bahwa saat ini petugas kian dimasiffkan untuk melakukan pengecekan dan pengawasan sebelum kapal berlayar berlandaskan pada prakiraan cuaca dari BMKG.

"Setiap tim jaga itu akan mengecek ke lapangan terkait kelengkapan kapal, apabila cuaca tidak mendukung maka keberangkatan ditunda, kita sesuai dari BMKG," katanya.

Pihaknya pun memperketat pengawasan terhadap kapal dengan Gross Ton (GT) dibawah 500 diberangkatkan pada pagi atau siang hari saat tidsk terjadi hujan lebat.

Senada dengan itu, Petugas Kesyahbandaran Maccini Baji, Capt Kurniawan Agung mengaku senantiasa melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap berbagai jenis kapal yang berlabuh di Pelabuhan Maccini Baji.

"Selalu kita lakukan pengawasan dan koordinasi ke pemilik kapal, apabila cuaca sedang tidak bersahabat maka kita minta ditunda keberangkatannya," tambahnya.(fit)

  • Bagikan