Diskusi bersama Mas Menteri, Direktur PT. Sulotco Jaya Abadi (Kapal Api Group) Sharing tentang Magang Industri Mahasiswa Politani Pangkep

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PANGKEP- Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi(Ditjen Diksi) menghelat Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)bagi Mitra Vokasi secara virtual yang ditayangkan pada kanal youtube DitjenVokasi, Rabu (24/11/2021).

Sosialisasi ini menghadirkan Mendikbudristek, Nadiem Makarim dan Dirjen Diksi,Wikan Sakarinto.

Ketua Program MSIB kampus merdeka, Nurhadi Irbath memaparkan latar belakang Program MSIB ini yaitu adanya kebutuhan fresh graduate atau lulusan Perguruan Tinggi untuk mampu bersaing dan siap memasuki dunia industry dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

“Apakah Anda merasa lulusan Perguruan Tinggi yang selama ini Anda cari belum memiliki kesiapan yang Anda butuhkan untuk berkarya dan bekerjasama di perusahaan Anda?” demikian pertanyaan retoris Nurhadi membuka acara sosialisai. Nurhadi menambahkan, “Program MSIB hadir untuk menjawab tantangan yang Anda hadapi”, imbuhnya.

Pentingnya program MSIB ini dianalogikan oleh Mas Menteri Kemdikbudristek seperti orang yang berlatih berenang.

“Bayangkan semua mahasiswa kita suatu hari harus berenang kesuatu pulau di laut terbuka. Saat ini perenang kita hanya dilatih satu gaya saja dan dilatihnya di kolam renang. Satu gaya itu Prodi mereka dan kolam renang itu, kampus”, ungkap Mas Menteri.

Hal ini tentunya membuka pandangan dunia pendidikan bahwa mahasiswa seharusnya dilatih di samudera luas, yaitu dunia industri yang merupakan dunia nyata mereka setelah menjadi lulusan.

Senada dengan Mas Menteri, Dirjen Diksi, Wikan Sakarinto memaparkan bahwa kampus vokasi atau Politeknik telah memiliki kurikulum yang memuat program magang industri.

  • Bagikan