Keliling Pulau, Dekati Warga untuk Vaksin

Jumat, 26 November 2021 10:32

Kades Mattiro Ujung, Hasan keliling rumah-rumah warganya di pulau untuk mengajak vaksin Covid-19.

FAJAR.CO.ID,PANGKEP– Punya cara tersendiri tarik warganya untuk ikut vaksinasi. Bukan dengan menyediakan mobil gerai vaksin keliling atau posko vaksin, tetapi Pemerintah Desa Mattiro Ujung, Kecamatan Liukang Tupabiring ini jalan kaki susuri rumah-rumah warga.

Kepala Desa Mattiro Ujung, Hasan mengaku ia bersama perangkat desanya dan tim vaksinator memilih berjalan kaki keliling pulau untuk mengajak warganya agar berminat untuk mengikuti vaksinasi.

“Masyarakat kita ajak langsung, untuk vaksin. Supaya mau divaksin. Jadi kita datangi keliling ke rumah-rumah,” katanya.

Sambil mengajak masyarakat dengan memakai pengeras suara, Hasan bersama timnya menjelaskan bahwa, cara ini dipilih agar masyarakat tidak kesulitan lagi harus ke pusat kesehatan, karena didatangi langsung petugas.

Disebutkan bahwa, saat ini pencapaian vaksin di pulaunya masih 30 persen, itulah yang membuat Hasan bersama tim vaksinator intens melakukan berbagai pendekatan, agar warganya teredukasi untuk melakukan vaksinasi.

“Saat ini masih 30 persen. Kita berharap warga bisa semakin antusias untuk divaksin, kita juga ambil cara itu, agar masyarakat memahami manfaat dari vaksin dan menepis rasa takut mereka,” ungkapnya.

Hasan menyebut bahwa, selama ini capaian vaksin masih rendah disebabkan masyarakat dinilai ketakutan dengan informasi negatif terkait vaksinasi.

“Karena sslama ini, kenapa capainnya masih sangat rendah, itu mereka takut divaksin, informasi negatif yang mereka konsumsi dari media sosial itu yang kita luruskan dangan bahasa hati bukan dengan ancaman,” jelasnya.

Bupati Pangkep, Muh Yusran Lalogau sangat menyambut baik berbagai inovasi yang digalakkan pemerintah desanya untuk mengajak masyarakat agar melakukan vaksinasi.

“Tentunya ada banyak cara bisa dilakukan, termasuk buka gerai vaksin atau mendatangi langsung, kami siap fasilitasi apabila ada yang ingin divaksin dimanapun dan dalam kegiatan apapun akan kita fasilitasi,” pungkasnya.(fit/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI