Pemkab Gowa Dorong Cakupan Vaksinasi 70 Persen di Desember Terealisasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA—Pemerintahaten (Pemkab) Gowa terus menggenjot cakupan vaksinasi Covid-19 agar untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity pada akhir Desember 2021 mendatang sesuai dengan target nasional.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada Rapat Koordinasi Pelaksanaan Percepatan Vaksinasi COVID-19 di Gedung Haji Bate Sungguminasa mengatakan bahwa untuk mencapai kekebalan kelompok maka 70 persen dari jumlah masyarakat harus sudah divaksin.

“Target Presiden akhir Desember semua daerah kabupaten/kota sudah mencapai 70 persen. Karena untuk membentuk kekebalan kelompok itu harus divaksin 70 persen dari jumlah penduduk suatu wilayah,” ujar Adnan, Selasa (30/11).

Saat ini kata Adnan, cakupan vaksinasi di Kabupaten Gowa sekitar 35 persen. Sedangkan untuk mencapai 70 persen pada akhir Desember, maka yang harus divaksin perhari sekitar 8.000 orang atau sekitar 48 orang prdesa dan kelurahan setiap harinya.

Ia berharap kerjasama dan kerja keras dari semua pihak mulai dari tingkat desa dan kelurahan serta TNI-POLRI. Menurutnya jika ini dilakukan secara bersama-sama, maka apa yang ditargetkan bisa tercapai.

“Tidak boleh dilakukan secara sendiri-sendiri, secara parsial. Kita harus kumpul dan kerja bersama untuk melakukan percepatan cakupan vaksinasi di Kabupaten Gowa. Kalau kita sudah mencapai ini, maka Insya Allah bisa memutuskan mata rantai penularan Covid-19,” tandasnya.

Selain itu, orang nomor satu di Gowa ini juga mengungkapkan akan menyiapkan tim penginput data. Menurutnya data ini juga penting, dirinya berharap semua data vaksinasi bisa langsung terinput dan kedepan tidak ada lagi perbedaan data.

“Jadi kita akan bentuk tim penginputan khusus yang terdiri dari perwakilan Pemkab Gowa, Polres dan Kodim dengan menggunakan aplikasi yang diakui oleh Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi berdasarkan juknis maupun juklat, supaya data yang kita pegang sama dengan Pemerintah Provinsi ataupun Pusat,” tandasnya.

  • Bagikan