Eksistensi E-commerce Dalam Perkembangan Masyarakat Modern

  • Bagikan

Oleh: Musfira Putri Irawan

Penggunaan dan pemakaian internet pada saat ini telah berkembang dengan sangat pesat dalam sektor bisnis, terutama pada perusahaan besar. Dengan menggunakakan dan memanfaatkan internet, pihak perusahaan mengharapkan dampak positif yang signifikan terhadap tingkat kompetisi bisnisnya dengan bisnis lainnya. Salah satu cara pemanfaatan internet untuk meningkatkan kompetisi bisnis dan pemasaran berbagai produk dan jasa adalah dengan menggunakan pasar digital yang pada umumnya dipanggil electronic commerce (e-commerce). E-commerce adalah sebuah platform media yang menawarkan sebuah jasa atau barang dengan sistem elektronik melalui internet dan biasanya digunakan melalui situs web dan aplikasi. Di Indonesia, e-commerce merupakan suatu jasa dari sekian banyaknya jasa yang banyak digunakan oleh masyarakat-masyarakat dari berbagai kalangan, baik remaja maupun dewasa.

Munculnya e-commerce di zaman ini telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam bertransaksi. Masyarakat yang pada umumnya harus menggunakan waktu lebih banyak kemudian diharuskan untuk bertransaksi secara langsung seperti biasanya, sekarang diberikan ruang sehingga mampu berbelanja secara online di e-commerce. Teknologi yang dulu hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi, namun sekarang digunakan orang-orang pemilik modal untuk melancarkan bisnis mereka. Penggunaan teknologi telah berkembang sangat pesat dalam sektor bisnis yang digunakan banyak pembisnis terutama pada perusahaan-perusahaan besar.

E-commerce adalah terobosan baru masa kini dalam teknologi yang digunakan sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli secara online. Biasanya, para pembisnis menggunakan e-commerce untuk menaikkan tingkat pemasaran produk mereka. Sebelum berbelanja di e-commerce menjadi tren dalam masyarakat, sistem penjualan yang digunakan pembisnis untuk memasarkan produk mereka bersifat manual. Perkembangan e-commerce yang pesat diikuti dengan munculnya toko-toko online yang memilih untuk memasarkan produk mereka melalui e-commerce. Melalui fenomena ini, munculnya e-commerce sudah mengubah kebiasaan masyarakat dalam berbelanja.

  • Bagikan