Eksistensi E-commerce Dalam Perkembangan Masyarakat Modern

  • Bagikan

Apalagi kalau kita berlanja online terdapat diskon-diskon yang di tawarkan serta ongkos kirim yang murah walapun kita berbelanja di luar pulau. Dengan asumsi seperti ini pasti orang lebih memilih berbelanja di e-commerce. Dan cukup berdampak pada pedagang-pedagang kecil.
Nah , dari adanya fenomena ini tentu tidak terlepas dengan masyarakat modern, dimana masyarakat modern sendiri mampu menyesuaikan dengan adanya sebuah kondisi dengan perubahan-perubahan sosial yang ada. Apalagi masyarakat modern sendiri dalam kehidupannya ditandai dengan sebuah gaya hidup masyarakat yang berdasarkan bukan atas sebuah kebutuhan namun lebih kepada keinginan mereka.

Atas dasar perubahan sosial itulah membuat para masyarakat modern mengalami sebuah rasa semangat untuk menciptakan produk-produk yang baru. Masyarakat modern berarti masyarakat yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Seperti adanya e-commerce ini yang dimana masyarakat modern mengikuti perkembangan zaman dengan memakai e-commerce ini.

Teknologi bagaikan pisau bermata dua, bagaimana tidak selain memiliki dampak positif seperti dari e-commerce, yaitu kemudahan dan fleksibilitas belanja. Sedangkan, dampak negatif sendiri ialah munculnya oknum-oknum yang memanfaatkan e-commerce ini seperti penipuan online, misalnya penipuan barang real picture yang ternyata tidak sesua dengan kondisi produk asli.

Jadi, hemat saya e-commerce ini hadir tidak semata-semata hanya membantu keuntungan suatu usaha tapi membantu juga masyarakat dengan membeli barang dengan mudah, dengan catatan lebih berhati-hati dalam berbelanja serta saya harap masyarakat sesekali juga berbelanja di pedagang-pedagang kecil.

  • Bagikan