Dies Natalis FMIPA UNM Baru Digelar di Usia Ke-58, Ini Sejarah Penetapannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dies Natalis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) ke-58 tahun digelar di Ruang Teater lantai 12 Menara FMIPA UNM, Rabu, (5/1/2022).

Dekan FMIPA UNM, Suwardi Annas Ph.D dalam sambutannya mengatakan, Perayaan Dies Natalis FMIPA UNM ini adalah pertama kalinya dilakukan setelah FMIPA UNM berumur 58 tahun.

Dia menyebut, penetapan hari lahir FMIPA UNM berawal dari arahan Rektor UNM Prof. Husain Syam, ASEAN Eng. agar setiap Fakultas dalam lingkup UNM mengenali atau memilki hari ulang tahun.

Selanjutnya, di FMIPA UNM dibentuk Tim 7 Penyusun Naskah Akademik Penetapan Hari Lahir FMIPA UNM untuk melakukan penelusuran melalui kajian akademik untuk mengetahui hari lahir FMIPA UNM yang diketuai oleh Prof. M. Arif Tiro, Ph.D. dan beranggotakan 6 orang perwakilan dosen senior dari masing-masing jurusan/prodi.

“Tim ini telah menyusun buku Naskah Akademik Hari Lahir FMIPA UNM yang jatuh pada Tanggal 5 Januari 1964 dan disetujui oleh Senat Akademik FMIPA UNM dan telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Penetapan oleh Rektor UNM, Nomor: 1271/UN36/HK/2021,” jelasnya.

Perayaan Dies Natalis FMIPA UNM ini mengangkat tema “Inovasi Sains di Era Industri 4.0 Menuju Society 5.0”, diselenggarakan secara daring dan luring (Blended).

“Tema ini bertujuan untuk menggugah civitas akademika khususnya di FMIPA UNM agar pada era digitalisasi ini kita terus melakukan berbagai inovasi dalam pengembangan ilmu-ilmu dasar (basic sciences) agar tetap eksis sebagai pilar utama penopang pengembangan IPTEK yang dapat memberi manfaat bagi kehidupan umat manusia,” ujarnya.

Lebih jauh dalam pidato orang nomor satu FMIPA UNM ini menyebut, selama tiga tahun terakhir FMIPA UNM telah dua kali melakukan revisi kurikulum untuk 12 Program Studi, yaitu Kurikulum 2019 dan Kurikulum Penunjang Pelaksanaan MBKM 2020 (Kurikulum 2020).

  • Bagikan