Bazar dan Expo UMKM akan dimeriahkan pertunjukan live music dan aneka lomba untuk anak-anak. Selain berbelanja secara langsung saat event, konsumen juga bisa membeli produk lokal unggulan di Galeri Kareso, Sorowako, yang menyediakan lebih dari 100 jenis produk UMKM. Konsumen juga kini dapat berbelanja secara online melalui situs yang dikembangkan oleh Galeri Kareso.
Program pelatihan dan pembinaan UMKM melalui PPM PT Vale telah mengantarkan 30 produk makanan dan minuman dari 4 wilayah pemberdayaan Perusahaan menembus pasar Makassar, Gowa, Maros, Toraja, Palopo, hingga Morowali. Selain itu, beberapa produk sedang dalam proses kerja sama dengan ritel modern Alfamart dan Alfamidi di wilayah Sulawesi Selatan, termasuk dengan hotel bintang tiga di Kota Makassar.
Saat diluncurkan, inisiatif “Gebrakan UMKM” mendapat apresiasi dari Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, mengingat lebih dari 300.000 UMKM di Indonesia terkena dampak pandemi COVID-19. UMKM merupakan penggerak penting roda ekonomi. Sehingga dukungan bagi UMKM adalah dukungan bagi ekonomi Indonesia.
Hingga kuartal ketiga 2021, PT Vale telah menjangkau sebanyak 759 pelaku usaha. Sebelumnya pada kuartal pertama, dilaporkan jumlah UMKM binaan PT Vale sebanyak 584, dan dari angka tersebut, UMKM yang konsiten mengikuti pendampingan dan pembinaan sebanyak 130 pelaku usaha.
“Pada 2023, target kami memperkuat usaha baru yang konsisten mengikuti bimbingan, mendorong 85 pelaku usaha untuk naik kelas menjadi UMKM Menuju Mandiri dan 4 pelaku usaha naik kelas menjadi UMKM Mandiri. UMKM Mandiri yang dimaksudkan adalah UMKM yang telah mendapatkan akses pasar dan memperoleh pendapatan di atas rata rata secara konsisten,” ungkap Ardian.