Kaleidoskop 2021 Unhas, Mahasiswa Unhas Raih 28 Juara pada Ajang Tingkat Internasional

  • Bagikan

4. Lomba/Kejuaraan tingkat Internasional, Unhas meraih 28 medali, yang melibatkan 95 mahasiswa. Sebanyak 13 medali (46,42%) diantaranya merupakan juara pertama/medali emas.

Wirausaha dan Beasiswa

Suharman menjelaskan bahwa selain prestasi dalam kompetisi, mahasiswa Unhas juga sangat antusias dalam mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha, dimana sebanyak 1.121 orang mahasiswa dari 15 fakultas memperoleh pendanaan wirausaha dari beberapa skema anggaran, baik yang bersumber dari program Kemdikbudristek, dana internal Unhas, maupun lembaga non pemerintah dan yayasan-yayasan.

“Program Mahasiswa Wirausaha mendorong mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjadi alumni yang tidak lagi mencari kerja, tetapi justru berpotensi menyiapkan lapangan pekerjaan,” kata Suharman.

Untuk mendukung proses pembelajaran berjalan baik, Unhas berupaya menghadirkan program beasiswa pendidikan dengan menggandeng berbagai mitra. Sepanjang tahun 2021, sebanyak 29% dari seluruh mahasiswa S1 Unhas tercatat sebagai penerima. Angka ini setara dengan 8.963 mahasiswa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.380 adalah penerima beasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah, dan selebihnya menerima beasiswa hasil kerja sama Unhas dengan 24 lembaga donatur.

“Sebagai pengejewantahan semangat humaniversity, pada tahun 2021 Unhas juga memberikan bantuan Uang Kuliah Tunggal atau UKT kepada mahasiswa yang terdampak pandemi. Sebanyak 2.115 mahasiswa menerima bantuan ini dengan berbagai skema keringanan, mulai dari pengurangan hingga pembebasan UKT,” kata Suharman.

  • Bagikan