Angkat Berat Segera Jadi Olahraga Favorit

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – – Angkat berat bisa menjadi salah satu olahraga favorit di Sulsel. Potensinya sangat mendukung selaras dengan kesadaran masyarakat yang makin baik terkait pentingnya menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh.

Karenanya Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Angkat Berat (Pabersi) Sulsel, Yasir Machmud menyampaikan olahraga ini sangat potensial untuk mengharumkan nama Sulawesi Selatan di kancah nasional. Semoga dengan kerja sama teknis bersama KONI Sulsel, niatnya menjadikan cabor ini olahraga favorit dan unggulan daerah terwujud.

“Tunggu kami pada event nasional, kami akan rebut medali emas untuk cabang olahraga ini,” kata Yasir dihadapan pengurus harian Pabersi, di Kafe CCR, Jalan Todopuli Raya, siang tadi.

Ia menyampaikan memimpin cabang olahraga harus dengan pemikiran dan konsep yang organik bukan mekanistik. Berpikir organik adalah melahirkan atlet berprestasi dengan menggerakkan cabang olahraga secara fleksibel dan mudah beradaptasi.

“Bukan sebaliknya, dikendalikan secara mekanistik yang kaku, ketat, rentang risiko dan jaringan yang terbatas,” beber Yasir.

Pengusaha muda ini dipercaya memimpin Pabersi Sulsel setelah mendapat amanah dari PB Pabersi, melalui SK yang ditanda tangani Ketua Umum, Anna Maria tanggal 22 November 2021. Targetnya segera menyiapkan pelantikan pengurus di Januari ini dan melakukan pemetaan atlet angkat berat se Sulsel.

Pabersi sendiri adalah pecahan dari Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI). Saat ini masing-masing cabang olahraga tersebut memiliki federasinya masing-masing, yakni Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) dan Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI). Hal itu sesuai dengan aturan dari Federasi Angkat Besi Dunia (IWF).

Ketua Umum PB Pabersi, Anna Maria menghimbau agar perkembangan cabang olahraga angkat berat semakin baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional. Harapannya dibawah kepemimpinan Yasir Machmud, cabor ini akan berkembang dari timur Indonesia.

  • Bagikan