Lewat PKM, Dosen FEB UMI Latih Warga Buat Nugget Ikan Tuna

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA– Tiga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Program Kemitraan pada Masyarakat (PKM).

Diketuai Dr. Roslina Alam, SE., MSi., dengan anggota Prof. Dr. Niniek Lantara, SE., MSi dan Herlinda mereka melatih kelompok mitra di Desa Tana Toa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukmba untuk membuat nugget ikan tuna.

Roslina Alam mengatakan pemilihan ikan tuna sebagai bahan utama karena memiliki kandungan gizi yang tinggi meliputi protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan asam lemak omega 3 yang memiliki manfaat baik untuk tubuh.

“Selain itu, kandungan gizi pada ikan juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan bahan pangan yang bersumber dari protein lainnya,” sebutnya.

Dia menyebutkan selama ini kebanyakan nelayan atau pedagang pengumpul ikan hanya menjual ikan mentah atau ikan asin, padahal ikan dapat diolah menjadi aneka ragam produk tanpa mengurangi nilai Gizi ikan.

“Diversifikasi olahan ikan akan memberikan nilai tambah bagi produk olahan ikan di samping itu pasarnya akan lebih luas baik dalam negeri maupun luar negeri karena konsumen memiliki banyak pilihan,” jelasnya.

Dalam PKM Tidak hanya diajarkan cara mengolah/memasak namun diajarkan pula cara pengemasan yang baik dan layak jual ke konsumen.

Para peserta juga berharap agar kegiatan semacam ini terus diadakan secara berkelanjutan agar menjadi modal dasar untuk memulai menjual ikan tidak hanya produk mentah atau setengah jadi, namun produk langsung jadi kekinian yang banyak diminati pasar, sehingga tujuan akhirnya tercapai yaitu meningkatkan pendapatan mereka.(msn/fajar)

  • Bagikan