IBSW Apresiasi Atensi KSP Moeldoko Atasi Stunting

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Langkah Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko menjalankan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait percepatan penurunan angka kekerdilan atau stunting di Indonesia, mendapat apresiasi.

Direktur Eksekutif Indonesia Bureaucracy and Service Watch (IBSW), Nova Andika mengatakan ham tersebut sebagaimana fungsi KSP yang memiliki tugas memberi dukungan kepada presiden dan wakil presiden. Ini dalam melaksanakan program-program prioritas nasional.

KSP juga berfungsi untuk menyelesaikan masalah secara komprehensif terhadap program prioritas nasional yang mengalami hambatan.

"Saya mengapresiasi peran KSP Moeldoko telah menjalankan fungsinya yaitu memastikan agar program-program prioritas nasional sesuai dengan visi misi presiden, termasuk dalam hal ini memastikan agar program penurunan angka stunting pada tahun 2024 bisa mencapai 14 persen," ucapnya.

Ia juga menyampaikan, hal itu berkaitan dengan Bonus Demografi yang diperkirakan akan dirasakan Indonesia pada tahun 2030.

Pemerintah pun telah memiliki program untuk menjaga Bonus Demografi yang akan mengasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dari sisi kesehatan.

"Presiden Jokowi sangat menaruh perhatian terhadap penurunan stunting demi kualitas sumber daya manusia (SDM) di masa mendatang," ucap Nova.

Untuk itu, Moeldoko yang memiliki peran besar dalam menjembatani lintas kementerian/lembaga telah memberikan peran signifikan bagi berjalan lancarnya program pemerintahan saat ini.

"Moeldoko bahkan rajin ke berbagai daerah untuk memantau langsung penerapan program menekan angka stunting ini agar betul-betul tepat sasaran, seperti baru-baru ini saat berkunjung ke NTT bersamaan dengan meninjau pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan meninjau lahan budi daya sorgum," ungkap Nova.

  • Bagikan