Komisi III DPR Minta Warna Seragam Satpam yang Mirip dengan Polri Tetap Dipertahankan, Ini Alasannya

  • Bagikan
ILUSTRASI: Seragam Satpam mirip dengan seragam polisi (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Karena mirip dengan warna seragam dengan anggota polisi, Polri bakal mengganti warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam). Yaitu dari seragam sebelumnya cokelat muda menjadi warna krem.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman meminta agar warna seragam Satpam yang mirip dengan Polri untuk tetap dipertahankan. Sehingga dia meminta agar Polri mengkaji ulang untuk mengubah warna seragam Satpam tersebut.

“Jadi sebetulnya menurut saya bagus sekali seragam Satpam yang saat ini,” ujar Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (14/1).

Karena itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengaku saat rapat kerja antara Komisi III DPR dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dirinya akan mengusulkan agar warna seragam Satpam saat ini untuk bisa dipertahankan.

“Saya dalam rapat kerja minggu depan dengan Kapolri saya akan minta seragam Satpam saat ini bisa dipertahankan,” tuturnya.

Lebih lanjut Habiburokhman mengaku sampai saat ini dirinya belum mendapatkan aduan masyarakat mengenai abuse of power yang dilakukan oleh Satpam yang seragamnya mirip dengan anggota Polri.

“Kan saya juga tidak mendapatkan informasi adanya abuse of power seragam Satpam itu. Enggak ada Satpam meras-meras, Satpam nilang-nilang, itu kan enggak ada. Jadi sudah bagus ini, justru harus dipertahankan bahkan dibikin lebih mirip lagi kalau perlu. Ada tanda pengenalnya, kasih pangkatnya, komandan satpam atau apa, kan masyarakat makin cerdas,” katanya.

Habiburokhman berujar, warna seragam Satpam yang mirip dengan anggota Polri akan memberikan efek psikologis masyarakat taat terhadap hukum. Pasalnya kata dia, kultur masyarakat di Indonesia belum ada kesadaran untuk mematuhi hukum.

  • Bagikan