Komisi III DPR Minta Warna Seragam Satpam yang Mirip dengan Polri Tetap Dipertahankan, Ini Alasannya

  • Bagikan
ILUSTRASI: Seragam Satpam mirip dengan seragam polisi (Istimewa)

“Contoh, jangankan seragam Satpam kita bikin mirip polisi, itu polisi di mana-mana bikin patung, patung mobil, patung polisi supaya orang berhati-hati ya kan. Banyak kan kalau Anda lihat ke luar kota di pinggir-pinggir jalan patung polisi. Jadi yang dari batu saja kita bikin mirip polisi, kenapa enggak. Di komplek-komplek perumahan ketika satpamnya berpakaian seperti polisi lebih aman, lebih aman,” ungkapnya.

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya tengah memproses perubahan warna seragam Satpam dari warna cokelat muda ke warna krem. Menurut Ramadhan, perubahan ini dilakukan karena warna seragam Satpam terlalu mirip Polri sehingga membingungkan masyarakat.

Ramadhan menuturkan, perubahan warna seragam Satpam menjadi krem akan dikenalkan saat hari ulang tahun (HUT) Satpam yakni pada bulan Desember. Nantinya, pemberlakukan penggunaan seragam baru Satpam setelah semua proses pengkajian selesai.

Diketahui, Polri sudah pernah mengubah warna seragam Satpam menjadi warna cokelat muda dari awalnya berwarna putih-biru tua. Hal ini berdasar dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. (jpg/fajar)

  • Bagikan