Umat Islam Tak Boleh Menghina Agama Lain, Dalil Ini Tegas Larangannya!

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Felix Siauw berceramah soal larangan menghina agama lain. Selain karena rawan terjadi permusuhan, Islam juga sebenarnya melarang membandingkan agama Islam dengan agama lain.

Larangan ini diabadikan Allah SWT dalam surah Al-An’am ayat 108. “Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan”.

Kata Felix, bila Muslim menghina agama lain, maka dengan emosi pemeluk agama lain itu akan menghina balik pemeluk agama Islam yang telah menghinanya.

“Dalam arti Islam melarang kita untuk menghina sesembahan orang lain karena mereka akan menghina Allah. Akan tetapi kita tidak mengatakan kebenaran itu dengan lugas atau kebenaran itu dengan total,” katanya, dikutip dari kanal YouTube Felix Siauw, Jumat (14/1/2022).

Felix menyampaikan terkait Surah Al Ikhlas, yang artinya:

  1. Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
  2. Allah tempat meminta segala sesuatu.
  3. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.
  4. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.

Menurut Felix, dalam Surah itu, bila merendahkan agama lain, maka pemeluk agama itu akan tersinggung dan akan timbul permusuhan, serta terjadi pecah belah bangsa.

“Surah ini menandakan bahwa Allah itu Esa, Maha Segalanya. Ketika kita berdakwah, kita tak boleh menjelekkan agama orang lain untuk meninggikan agama kita,” sambung pria beretnis Tionghoa-Indonesia yang telah mualaf tersebut. (ishak/fajar)

  • Bagikan