5 Makanan yang Dapat Memicu Munculnya Jerawat

  • Bagikan
Ilustrasi jerawat (foto: shutterstock)

FAJAR.CO.ID — Penyebab jerawat ada bermacam-macam. Biasanya jerawat disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pori-pori, adanya bakteri, produksi sebum dan keratin secara berlebihan, peradangan kulit, hormon dan makanan yang kita konsumsi. Jerawat bisa terjadi pada siapa saja baik itu laki-laki maupun perempuan.

Untuk mencegah timbulnya jerawat salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menghindari makanan yang dapat memicu terjadinya jerawat.  Berikut ini beberapa makanan yang dapat memicu munculnya jerawat:

 1. Produk olahan susu

Banyak orang menganggap bahwa susu adalah salah satu jenis makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat. Ini karena sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi olahan susu akan cenderung mengalami jerawat. Olahan susu dapat memicu meningkatnya hormon insulin dan IGF-1 yang dapat menyebabkan jerawat. Bila kadar insulin dan IGF-1 dalam darah terbilang tinggi, akan memicu peningkatan produksi sebum. Tapi bisa jadi mengkonsumsi susu bukanlah penyebab anda memiliki jerawat. Mungkin karena anda memiliki kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat.

 2. Cokelat

Cokelat adalah salah satu makanan favorit bagi semua orang. Namun, mengkonsumsi cokelat dapat memicu munculnya jerawat. Penelitian menunjukkan bahwa coklat dapat membuat kulit yang berjerawat semakin parah. Ini disebabkan karena coklat dapat meningkatkan pelepasan protein interleukin-1B (IL-IB) dan IL-10. Protein ini akan membuat bakteri penyebab jerawat (P. acnes) dapat menginfeksi kulit. Meski begitu, belum dapat dipastikan apa yang membuat cokelat dapat memicu pertumbuhan jerawat di kulit.

3. Makanan cepat saji

            Mengkonsumsi makanan cepat saji dapat  memicu timbulnya jerawat. Makanan cepat  saji seperti ayam goreng, sosis, Kentang goreng dan burger memiliki kandungan lemak yang tinggi dan belum tentu makanan cepat  saji ini terjamin kesehatannya. Riset dari Journal of the European Academy of Dermatology mengatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan cepat saji memiliki 24% risiko lebih besar terkena jerawat dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

  • Bagikan